--> Cara Membuat Nagasari Pisang Raja yang Lembut dan Rasanya Pun Super Legit | IDEIDEKU

16 Desember 2018

Cara Membuat Nagasari Pisang Raja yang Lembut dan Rasanya Pun Super Legit

| 16 Desember 2018

Cara Membuat Nagasari Pisang -- Nagasari atau kue nagasari merupakan kudapan yang paling banyak dicari pencinta kuliner. Rasa kue yang dibungkus dengan daun pisang ini sangat rezat karena di dalamnya ada isinya seperti pisang. Bahkan, aromanya pun sangat khas yang mengundang selera. 

Jika Anda sangat suka dengan nagasari, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Kita akan coba salah satu cara membuat nagasari pisang dengan isi di dalamnya adalah pisang raja.

Mudah sekali membuat nagasari pisang karena bahan-bahannya mudah didapatkan dan proses pembuatan pun tak butuh waktu lama. Namun, sebelum membuatnya, Anda perlu mengenal dulu dengan macam-macam jenis kue nagasari.


Aneka rasa nagasari
Banyak nagasari yang dijual baik di swalayan maupun di kedai-kedai tradisional. Dan kita pun dapat menemukan aneka rasa nagasari yang dijual itu. Ada nagasari yang rasanya pisang kepok, pisang raja, nangka, durian, dan jagung. Bahkan, ada juga yang membuat nagasari dengan rasa pisang monyet. Semua rasa itu tergantung isi di dalam nagasari karena memang ada aneka pilihan isinya.

Lantaran beda isinya ketika membuat nagasari, maka kelegitan nagasari pun berbeda-beda. Tapi, yang pasti, semua nagasari enak. Misalnya, Anda coba dengan nagasari pisang dan kemudian Anda coba lagi nagasari nangka. Anda akan bilang dua-duanya enak. Yang beda hanyalah rasanya dan semua itu tergantung selera masing-masing.

Anda bisa membuat nantinya dengan aneka variasi rasa nagasari. Tentu saja, buat dulu nagasari pisang raja atau pisang kepok. Setelah semua okay, silahkan Anda berkreasi sesuai dengan selera Anda dan mungkin juga bisa disesuaikan dengan selera pasar, maksudnya permintaan jenis rasa oleh konsumen.

Pembungkus nagasari
Biasanya, dalam membuat nagasari dibungkus dengan daun pisang. Namun, jangan kaget kalau suatu ketika, di lain tempat, Anda menemukan kudapan nagasari tidak dibungkus dengan daun pisang, tetapi dengan plastik. Walaupun dibungkus dengan plastik, namanya tetap nagasari dan rasanya pun sama lezatnya.

Ada alasan tersendiri mengapa membungkus nagasari dengan plastik. Bisa jadi dengan menggunakan plastik akan tampak isi nagasari yang berwarna putih dan akan tertarik para pembeli. Atau bisa saja alasannya karena plastik lebih praktis. Atau alasan lainnya, mungkin juga karena sulitnya mendapatkan daun pisang untuk pembungkus nagasari.

Tapi yang pasti, nagasari rupanya tidak mesti dibungkus dengan daun pisang, dengan plastik juga bisa. Makanya, membuat nagasari terbilang mudah. Dari sisi pembungkus saja sudah banyak pilihannya, bisa daun pisang, plastik, dan lain–lain.

Aneka tepung membuat nagasari
Salah satu bahan untuk membuat nagasari lainnya adalah tepung. Tepung ini akan menjadi adonan nagasari nantinya. Karena itu, tepung juga akan berpengaruh pada hasil kue nagasari nantinya, misalnya tingkat kehalusan, kelembutan, dan juga kekenyalan.

Dalam membuat nagasari, Anda bisa pilih tepungnya. Ada aneka tepung yang bisa Anda gunakan. Beberapa tepung untuk membuat nagasari seperti, tepung beras, tepung tapioka, tepung terigu, tepung maizena, tepung sagu dan lainnya.


Namun, untuk hasil nagasari yang kenyal dan enak rasanya, pilihlah tepung yang terbaik. Walau sedikit lebih mahal, tetapi akan menghasilkan nagasari yang lezat dan banyak yang menyukainya. Jangan sampai ‘mimpi’ nagasari yang lembut dan legit, tapi ketika membuatnya sendiri sudah salah meramunya dengan tepung yang tidak berkualitas.

Untuk membuat nagasari pisang yang lembut dan lezat, biasanya hanya menggunakan tepung tunggal apakah tepung maizena saja atau tepung terigu saja. Tapi, tidak tertutup kemungkinan jika nantinya dalam membuat nagasari dikombinasi 2 atau 3 jenis tepung. Kembali lagi semua itu tergantung pada selera.

Membuat nagasari pisang raja

Untuk resep membuat nagasari pisang dalam artikel ini, kita menggunakan isinya pisang raja. Pisang raja terbilang super legit, enak dan juga manis. Jadi, hasilnya nanti adalah nagasari pisang raja, gituh 😅

Cara Membuat Nagasari Pisang Raja yang Rasanya Super Legit


Sebenarnya, Anda bisa menaruh isi di dalamnya dengan pisang lain jika tidak ada atau sulit mencarinya di pasar. Kalau ada pisang raja, tentu bagus sekali untuk sekalian kita praktikkan membuat nagasari sesuai dengan resep ini.

Cara mebuat nagasari pisang raja
Siapkan dulu bahan-bahan di bawah ini sebelum membuat nagasari. Apa saja bahan-bahannya?

Bahan-bahan membuat nagasari pisang raja :
  • Pisang raja... 5 buah
  • Tepung maizena...1 gelas
  • Santan...ukuran 1 kelapa
  • Gula...200 gram atau sesuai selera manisnya
  • Garam...sejumput saja ya
  • Daun pandan wangi... 2 helai
  • Daun pisang...secukupnya (tidak mesti daun psang raja ya..hi..hi..)

Sebelum membuat nagasari, sekali lagi pastikan bahwa semua bahan-bahannya sudah tersedia di  hadapan Anda. Sebab, jika salah satu bahannya kealpaan, maka akan menjadi kendala dalam membuatnya atau bisa jadi hasilnya kurang memuaskan nantinya.

Nah, agar bahan-bahan membuat nagasari tidak ada yang tertinggal, sebaiknya catat bahan-bahan pada kertas. Anda tinggal mencontengnya saja mana-mana bahan nagasari yang sudah ada dan yang belum dibeli.


Langkah-langkah membuat nagasari pisang raja :

1. Untuk isi nagasari
  • Buka kulit buah pisang dan ambil isinya
  • Potong-potong pisang berbentuk dadu dengan ukuran kecil-kecil saja
  • Setelah pisang dipotong-potong, lalu kukus pisang selama 5-10 menit
  • Angkat pisang dan letakkan pada tempat terpisah

2. Untuk adonan
  • Masak santan yang sudah ditambahkan daun pandan, gula dan garam ke dalamnya. Setelah beberapa menit atau sudah mendidih, masukkan tepung dan aduk-aduk sampai mengental dan halus. Ingat, jangan sampai bergerindil. Kemudian matikan api kompor
3. Untuk pembungkus
  • Daun pisang dicuci sampai bersih agar bebas dari kotoran dan bakteri atau jamur. Potong daun pisang dengan ukuran panjang dan lebarnya mendekati sama. Kemudian dilap dengan kain lap yang bersih
4. Membungkus adonan
  • Letakkan selembar daun pisang yang sudah dipotong-potong tadi. Taruh 4—5 potongan pisang raja di daun pisang yang diikuti dengan menuangkan adonan nagasari yang berwarna putih itu. Kemudian bungkus. Untuk model bungkusan nagasari terserah Anda, boleh melipat seperti amplop, boleh juga seperti membungkus nasi, dan model lainnya. Demikian dikerjakan satu per satu sampai semua adonan habis.
  • Adonan nagasari yang telah dibungkus dengan daun pisang, dikukus selama 10 atau 15 menit. Angkat nagasari pisang raja yang sudah masak dan dinginkan. Selesai dan siap disajikan.

Nagasari cepat basi
Anda perlu mengerti bahwa nagasari tidak tahan lama. Ia akan cepat berubah warna, bentuk, dan rasanya jika disimpan lebih dari satu hari. Dengan kata lain, jika lebih dari 24 jam tidak dikonsumsi, nagasari tidak dapat dimakan lagi karena sudah basi.

Walaupun demikian, jika mau untuk bisa bertahan sampai 3 hari, nagasari sebaiknya disimpan dalam kulkas atau freezer. Bahkan, nagasari yang disimpan di kulkas akan lebih enak ketika dikonsumsi karena dingin.

BACA JUGA : Cara Memasak Indomie yang Bikin Goyang Lidah Karena Rasanya Super Lezat

Selesai sudah sepertinya ulasan cara membuat nagasari pisang dengan variasi isinya pisang raja. Semoga dengan resep ini, Anda bisa mencoba membuatnya dengan aneka kreasi isi. Tidak mesti isinya pisang raja, Anda mungkin bisa mencoba membuat nagasari dengan isi nagasari nangka, durian, dan nagasari rasa lainnya. Selamat mencoba dan sukses, ya

Related Posts