--> Tip Memasak Daun Pepaya Tanpa Rasa Pahit Dengan Daun Ini | IDEIDEKU

23 September 2018

Tip Memasak Daun Pepaya Tanpa Rasa Pahit Dengan Daun Ini

| 23 September 2018


Tip Memasak Daun Pepaya Tanpa Rasa Pahit -- Masih teringat lalapan daun pepaya dengan sambal terasi yang dibikin Ibundaku ketika aku masih kecil, rasanya tanpa pahit sedikitpun. Awalnya, aku memang tidak suka daun pepaya sebab rasa pahitnya itu. Namun, setelah mencobanya hasil olahan dan sentuhan tangan ibunda tercinta, membuatku ketagihan dengan lalapan daun pepaya sampai sekarang. Apa ya, rahasianya biar daun pepaya tanpa rasa pahit?

Tip Memasak Daun Pepaya Tanpa Rasa Pahit Dengan Daun Ini


Daun pepaya dasarnya memang pahit
Daun pepaya memang pahit karena mengandung zat alkanoid karpain. Makanya, banyak orang tidak menyukainya karena rasanya itu. Walaupun dikonsumsi, mungkin itu karena “terpaksa” untuk menghilangkan penyakit. Harus diakui bahwa daun pepaya banyak digunakan sebagai herbal atau ob4t alami yang dapat mencegah beberapa penyakit tertentu.
Tetapi, tidak sedikit juga yang doyan dengan daun hijau ini yang banyak tumbuh di kebun atau rumah-rumah masyarakat.  Di samping mengonsumsi buahnya yang rasa manis, daun pun berguna untuk sayuran. Namun, akan terasa sedap jika tidak menelan “pil” pahitnya itu. Makanya, bagi yang sangat suka dengan daun pepaya, harus  pintar-pintar mengolah dan memasaknya.

Rahasia penawar pahit ditemukan secara empiris
Rupanya moyang kita dulu yang hidup natural, mereka cukup pintar mengolah daun pepaya. Yang pahit berubah menjadi lezat dan manis rasanya. Rupanya secara empiris atau pengalaman, mereka menemukan rahasia untuk meminimalisir dan bahkan menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya.
Pada umumnya, memang menghilangkan rasa pahit daun pepaya sudah banyak dilakukan dengan menggunakan garam, gula, diremas-remas, pakai daun jambu biji, dan beberapa lainnya. Namun, penggunaan daun yang satu ini cukup natural dan patut dicoba karena bisa menjadi tip ampuh menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Daun apa, ya?

Rebus dengan Daun Kedondong Pagar 
Ini dia daunnya, yaitu daun kedondong pagar. Anda kenal bukan dengan daun kedondong pagar? Kedondong pagar memang mudah sekali tumbuh. Oleh karena itu, masyarakat pedesaan dari dulu hingga sekarang, banyak menanam kedondong untuk dijadikan tiang pagar, terutama untuk memagari kebun.


Tip Memasak Daun Pepaya Tanpa Rasa Pahit Dengan Daun Ini
Gambar : Dokpri

Namun, siapa sangka daun "ajaib" itu, yaitu daun kedondong pagar bisa menetralisir zat pahit dari daun pepaya. Caranya, rebus daun pepaya bersama dengan daun kedondong pagar sampai empuk. Daun kedondong cukup beberapa tangkai saja. Setelah daun pepaya empuk, angkat dan tiriskan. Pisahkan daun kedondong pagar itu dengan daun pepaya.
Baca juga :

Daun pepaya yang sudah masak itu tidak lagi terasa pahit. Mau dijadikan lalapan atau mau dimasak dengan aneka campuran lainnya, terserah mana yang suka, silakan. Yang jelas, rasa pahit daun kaktes (pepaya) itu sudah hilang “diambil” daun kedondong pagar.


Tip Memasak Daun Pepaya Tanpa Rasa Pahit Dengan Daun Ini
Gambar : Dokpri


Demikian tip singkat ini semoga menambah pengetahuan lagi tentang cara memasak daun pepaya yang bebas dari rasa pahit. Jika memang suka dengan daun pepaya tanpa pahit,  baiknya tanam satu pohon kedondong pagar di rumah. Ketika memasak daun pepaya, tak harus repot-repot cari ke tetangga lagi.

Related Posts