--> Biar Sedap, Begini Cara Membuat Risol Sayur | IDEIDEKU

28 November 2018

Biar Sedap, Begini Cara Membuat Risol Sayur

| 28 November 2018

Cara Membuat Risol Sayur -- Kue risol atau risoles sepetinya makanan yang disukai oleh banyak orang baik lokal maupun para “bule.” Bahkan, bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun sangat menyukai risol, terutama risol sayur karena kelezatannya.

Risol sayur kue favorit
Seperti kudapan lainnya, risol sayur -- snack yang berisi sayur atau daging di dalamnya -- begitu mudah dijumpai di warung atau toko kue, restoran dan swalayan. Demikian juga di acara-acara meeting, pesta, dan lainnya, risol menjadi penghias hidangan di sana.
Bahkan, lihatlah di kala pagi hari, risol sayur sudah tersedia di warung-warung. Dan ada juga yang menjual risol sayur di pinggir jalan atau trotoar dengan lapak yang sederhana. 

Meskipun banyak penjualnya, namun risol sayur laku banget karena pas untuk snack anak-anak sekolah, pekerja kantoran, dan lainnya yang membutuhkan makanan untuk sarapan pagi.

Kue Risol Sayur ; Bukan Cerita Lezatnya Saja, Tetapi Amat Mudah Membuatnya

Saking banyaknya yang menjadikan risol sayur sebagai makanan/kue favorit, produk makanan dari industri  rumah tangga ini laris manis di pasar. Bahkan, yang membuat kue risol sayur pun tumbuh semakin "menjamur."
Jadi, jika Anda pintar membuat risol sayur, kue yang terbungkus dengan kulit bewarna kuning itu tidak hanya bisa dikonsumsi sendiri atau keluarga saja, tapi bisa juga dijadikan bisnis kuliner yang prospektif.

Aneka risol
Oh, iya,,ada banyak jenis risol yang dibuat dan beredar di pasar-pasar, seperti risol sayur, risol daging, risol mayo dan lainnya. Untuk risol sayur bisa isinya kentang, wortel dan sayuran lainnya.
Demikian juga dengan risol daging. Risol yang satu ini sudah tentu dibuat dengan isinya daging unggas atau daging sapi. Daging yang dimasak dan diberikan bumbu, lalu dijadikan sebagai isi risol. Sudah pasti risol ini sangat lezat karena isinya itu, ya daging.
Tetapi yang jelas, aneka resep dalam olahan risol memiliki rasa spesial masing-masing dan tentunya pasti sedap. Untuk tambahan citarasa saat dinikmatinya, risol pada saat dibuat dilengkapi dengan saus, cabai rawit, gula, dan lainnya sesuai selera.

Membuat Risol Sayur
Nah, udah panjang cerita nih, by the way bagaimana resep atau cara membuat risol sayur paling lezat nih. Untuk kesempatan ini, kita akan membuat risol sayur paling sedap. Ya, pasti enaaaaa...aak banget hi..hi..
Yang namanya risol sayur, isi di dalam bungkusan kulitnya adalah dari beberapa variasi jenis sayuran. Kita akan coba membuat risol dengan sayur yang tinggi nilai gizinya, apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini cara membuat risol.

Tapi, apa sudah siap dengan peralatannya?
Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat risol sayur? Yang jelas seperti peralatan dapur lainnya untuk memasak. Coba Anda cek ke dapur sambil membawa secarik kertas yang sudah Anda tulis nama alat-alat untuk membuat risol. 
Kalau belum Anda catat apa saja alat untuk membuat risol sayur, catat sekarang. Ini nama alat-alat yang perlus Anda siapkan, yaitu :
1.  Baskom
2.  Spatula goreng
3.  Sendok bulat/Centong sayur
4.  Teflon
5.  Piring ceper bulat
6.  Sendok makan
7.  Wajan
8.  Kompor

Bahan-bahan membuat risol sayur :
A. Bahan kulit risol
  • Tepung terigu...1/2 Kg
  • Tepung susu... 1 sendok makan
  • Garam...1/2 sendok teh (secukupnya)
  • Telur...1 butir (dikocok dulu)
  • Air...1 gelas kecil (secukupnya)

B. Bahan isi risol
  • Wortel..3 buah (potong kecil-kecil berbentuk dadu)
  • Kentang...3 buah (potong kecil-kecil berbentuk dadu)
  • Buncis...1 ons (cincang/potong-potong)
Karena bahan isi risol berupa sayur, maka sayuran tersebut harus dicuci sampai bersih. Sebab, kita khawatir masih ada residu kimia yang berasal dari pestisida yang digunakan oleh petani ketika merawat sayuran tersebut. 
Demikian juga dengan kotoran berupa tanah yang melekat pada sayuran, tentu saja kotor dan mengandung mikroorganisme. Oleh karena itu, sebelum meraciknya sebagai isi risol, sayuran tersebut harus dipastikan benar-benar bersih dicuci.

C. Bumbu-bumbu risol sayur:
  • Bawang merah 3 siung, kemiri 3 butir, merica 1 sdt, dan bawang putih 1 siung. Semua bumbu tersebut dihaluskan.

D. Langkah-langkah Membuat risol sayur :

  • Untuk kulit : Campurkan semua bahan-bahan seperti pada poin A di atas. Aduk-aduk cepat hingga semua bahan tercampur merata, tapi tidak mengental agar mudah dituangkan ke dalam teflon nantinya.
  • Panaskan teflon datar, lalu tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur dan dadar hingga matang.
  • Untuk Isi: Tumis semua bahan-bahan pada poin dan tambahkan bumbu-bumbu yang tersebut di poin C. Tumis sampai matang.
  • Kemudian bahan-bahan sayuran yang telah ditumis, diisi ke dalam kulit dadar. Setelah diisi, selanjutnya digulung.
  • Sebelum digoreng, celupkan dulu ke dalam putih telur yang telah dikocok. Lalu celupkan sekali lagi ke dalam tepung panir.
  • Langkah terakhir adalah menggorengnya sampai matang atau warna kulit risol sudah kekuning-kuningan. Kalau suka selera pedas, bisa diselipkan 1 cabai rawit di ujungnya.
Baca juga ini :

Risol sayur bisa untuk sarapan pagi
Hampir semua waktu, snack atau kue risol sayur siap “menemani” Anda. Apalagi di pagi hari, risol bisa jadi alternatif sarapan pagi. Makan 2 atau 3 risol dan segelas kopi atau teh hangat, berangkat kerja pun jadi semangat..hii..hii..😅😅
Demikian cara membuat risol sayur. Semoga hasil kreasi Anda akan menjadi risol sayur nomor 1 dengan kualitas rasa super enak dan lain dari yang lain. 
Selamat mencoba membuat risol sayur sebagai kudapan berjuta rasa dan semoga sukses.
By : Dwi

Related Posts