--> Mau Otomatis atau Manual? Begini Cara Pasang Iklan Adsense di Blogger | IDEIDEKU

30 November 2019

Mau Otomatis atau Manual? Begini Cara Pasang Iklan Adsense di Blogger

| 30 November 2019

Untuk teman-teman yang baru saja diterima sebagai publisher Google Adsense (GA) dan full approved, kami mengucakan selamat. Meskipun sudah bergabung dengan GA, namun tugas Anda belum selesai. Masih banyak hal yang mesti Anda lakukan agar blog yang Anda kelola dapat berkembang dan menghasilkan uang. Salah satunya adalah memasang iklan di blogger atau blogspot. Nah, bagaimana cara pasang iklan adsense di blogger?

Mau Otomatis atau Manual? Begini Cara Pasang Iklan Adsense di Blogger
Banyak teman-teman, saking bahagianya, ceroboh dalam menempatkan iklan adsense sehingga menyebabkan iklan tidak tampil di blog. Bahkan, ada yang mengikuti petunjuk-petunjuk yang keliru dan amat beresiko melanggar kebijakan GA. Kalau sempat ini terjadi, hilanglah kesempatan Anda untuk menayangkan iklan adsense di blog.

Memasang iklan adsense di blog butuh ketelitian
Namun, Anda tak perlu khawatir karena sebetulnya tidak sulit cara menempel iklan adsense di blogger. Hanya saja, Anda butuh ketelitian dan kehati-hatian agar semua kode iklan adsense yang akan dipasang nantinya benar dan tepat pada lokasinya.
Kode iklan adsense dapat dipasang di banyak tempat dalam blog, misal di dalam halaman, sidebar, header, dan lainnya. Tetapi, pilihlah lokasi-lokasi strategis agar iklan jelas terlihat oleh pengunjung blog dan potensi untuk mendapat pendapatan adsense dari blog lebih besar, misalnya di atas postingan pada paragraf kedua, di tengah, di bawah, dan lain-lain.
Untuk ukuran iklan juga demikian. Iklan google banyak jenis dan ukurannya, ada iklan display, in article, tautan, dan lainnya. Bisa ditampilkan dengan ukuran tetap dan tersediakan juga pilihan ukuran responsif.

Pertimbangkan template blog yang cepat dan responsif
Meskipun banyak ukuran iklan adsense bisa Anda tempatkan di blog, tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan template blog apakah responsif atau tidak. Sebab, ini dapat mempengaruhi tampilan iklan ketika dibuka melalui dekstop atau seluler.

BACA : 2 Cara Cek Blog Anda Apakah Dapat Diakses Di Perangkat Selular dengan Mudah atau Tidak
Kalau Anda memiliki blog yang responsif, sungguh beruntung karena iklan yang dipasang, nantinya akan menyesuaikan diri dengan jenis perangkat pengguna atau pembaca blog Anda.
Selain responsif, sebetulnya juga Anda memilih template blog yang SEO, ya template yang cepat loadingnya saat viewer membuka artikel di blog Anda. Ini sangat berpengaruh pada iklan yang Anda pasang nantinya. Jika blog lambat, kemungkinan iklan tidak terlihat oleh pembaca nantinya.
BACA : Ide Aman Ganti Template Blog untuk Publisher dan Non-Publisher

Cara pasang Iklan Adsense di Blogger (Blog)


Mau Otomatis atau Manual? Begini Cara Pasang Iklan Adsense di Blogger

Cara menempatkan iklan ke dalam blog, pertama sekali Anda perlu mengambil kode iklan dulu di akun GA punya Anda. Secara umum, ada 2 iklan di sana, yaitu iklan otomatis dan iklan manual/unit iklan. Nah, bagaimana cara mengambil kode iklan adsense?

1. Iklan Otomatis
  • Anda masuk ke akun GA, pilih menu IKLAN yang ada di sebelah kiri dasbor
  • Tab pada tulisan “Dapatkan Kode”
  • Salin cuplikan kode iklan
  • Pasang script kode tersebut ke blog Anda

Untuk memasukkan iklan otomatis ke dalam blog, caranya begini.
  • Buka blogger Anda
  • Pilih blog yang sudah disetujui google adsense untuk menampilkan iklan
  • Tab pada template atau tema
  • Tab edit HTML
  • Cari kode <head> . Kalau kode ini tidak ada, mungkin sudah dimodifikasi, Anda cari kode ini, &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;
  • Letakkan script iklan GA otomatis tersebut tepat di bawah kode <head> atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;
  • Tab save atau simpan

Tunggu beberapa saat atau sekitar 1 jam, iklan adsense otomatis sudah aktif dan tampil di blog Anda. Jangan lupa kembali lagi ke setelan iklan pada akun Anda. 
Di sana tersedia pilihan beberapa format iklan yang akan muncul pada blog, ada iklan dalam halaman, konten yang sesuai, iklan tagar, dan iklan vinyet. Anda bisa mengaktifkan semuanya atau sebagian saja, terserah pilihan Anda.

2. Memasang unit iklan adsense secara manual
Selain iklan otomatis, ada iklan manual adsense. Cara pasang iklan adsense di blogger secara manual tidaklah sulit. Anda tinggal menempatkan kode unit iklan secara manual pada lokasi yang Anda inginkan, seperti di atas postingan, tengah, bawah, dan lainnya. Berikut ini kami tampilkan untuk Anda contoh cara memasang unit iklan.

Cara Memasang iklan adsense di atas postingan atau di bawah judul artikel
Untuk menampilkan iklan adsense di blogger seperti di atas artikel atau tepatnya di bawah judul, Anda mesti kembali membuka akun GA. Pilih iklan ---> Pilih Menurut unit iklan
Di sana, ada beberapa pilihan, Anda pilih sebagai contoh iklan display.
Berikan nama iklan. Nah, nama ini kalau bisa jangan asal kasih nama. Buat nama yang menunjukkan di mana iklan akan ditempatkan. Sebab, nanti akan ada beberapa unit iklan yang akan Anda pasang di blog dengan area yang berbeda-beda.
Tujuannya, agar Anda mudah dalam melihat laporan tentang unit iklan tersebut dan mudah juga untuk mengevaluasi nantinya. Misalnya, apakah iklan tersebut menghasilkan BPK yang tinggi atau sebaliknya. Atau, iklan mana yang sudah tepat lokasinya dan tingkat keterlihatan pengunjung tinggi, dan lain-lain.
Okay, kembali ke contoh unit iklan display yang Anda pilih. 
  • Berikan nama, misalnya Ads Display on top. Nama terserah kreasi Anda, tapi unik
  • Atur ukuran iklan, apakah memilih responsif atau tetap. Kalau memilih tetap, Anda atur lebar dan tinggi
  • Tab “Buat
  • Salin script atau kode iklan adsense

Kode unit iklan yang sudah Anda dapatkan, Anda bungkus dengan kode seperti di bawah ini ;

<div style="margin-left:15px;margin-bottom:15px">
<center>
TEMPATKAN KODE UNIT IKLAN ADSENSE DI SINI
</center>
</div>

Bagaimana memasangnya?
  • Anda buka blogger lagi
  • Pilih blog yang ingin dipasang iklan adsense
  • Pilih template atau tema yang berada di sebelah kiri dasbor blogger
  • Tab edit HTML

Cari kode </data:post.body> . Ada beberapa kode ini, coba cari kode yang ketiga. Kalau sudah ketemu, silahkan copy kode unit iklan adsense yang sudah dibungkus tadi di atas,. Kemudian Anda tempel/paste tepat di atas kode </data:post.body> .  Contohnya, seperti berikut ini.

<div style="margin-left:15px;margin-bottom:15px">
<center>
TEMPATKAN KODE UNIT IKLAN ADSENSE DI SINI
</center>
</div>
</data:post.body>

Lalu simpan, tunggu beberapa menit iklan sudah muncul di artikel blog Anda.
Catanan : Tulisan bewarna merah di atas, Anda ganti dengan script kode unit iklan yang Anda buat sebelumnya. 

Demikian cara pasang iklan adsense di blogger atau blogspot. Dengan penempatan unit iklan yang benar dan tepat, iklan akan tampil di blog dan income GA pun akan megalir untuk Anda.

Related Posts