--> 2 Cara Cek Blog Anda Apakah Dapat Diakses Di Perangkat Selular Dengan Mudah atau Tidak | IDEIDEKU

22 Oktober 2018

2 Cara Cek Blog Anda Apakah Dapat Diakses Di Perangkat Selular Dengan Mudah atau Tidak

| 22 Oktober 2018


Cara Cek Blog Anda Apakah Dapat Diakses Di Perangkat Selular -- Sayang sekali jika blog yang Anda buat tidak dapat diakses dengan baik di perangkat mobile. Meskipun blog Anda berisi artikel ngetop dan menarik, maka akan sia-sia belaka jika pengguna perangkat selular tidak bisa menemukan blog Anda. 
Oleh karena itu, pastikan blog Anda dapat tampil dengan baik atau mobile-friendly. Bagaimana cara cek blog mobile-friendly?



Cara cek blog apakah tampil bagus dan mudah diakses oleh teman-teman atau users lainnya tidaklah sulit. Sebab, dengan berkembangnya teknologi, berbagai macam aplikasi sudah ada. Tinggal saja kemauan Anda untuk memonitor dan menggunakannya, khususnya aplikasi yang berhubungan dengan blog..


Buat blog mudah diakses

Sebelum mengetahui cara cek blog mobile-friendly, sekilas kita lihat banyak teman-teman membuat blog asal sudah jadi. Mereka tidak mau mengerti apakah blog bisa diakses oleh pengguna atau tidak. 
Mereka men-design blog dengan tema-tema super cantik. Sayangnya, blog itu belum tentu bisa tampil secantik tema yang dibuat.

Bukankah membuat blog dengan berbagai desain template dan isi yang lagi ngetrend banget mungkin untuk disuguhkan ke pembaca? 
Atau bisa jadi ada kemungkinan jika suatu saat user atau viewer blog Anda sudah banyak, pasti ada rencana ingin memonetize untuk menghasilkan laba, Makanya, buatlah blog mudah diakses oleh pengguna atau pembaca.


Blog sulit diakses, pembaca pun lari

Seandainya sebuah blog tidak nyaman untuk diakses baik konten, yakinlah bahwa pengguna akan meninggalkan blog atau website kesayangan Anda. 
Memang di perangkat komputer atau laptop mereka menemukan blog Anda yang kelihatan bagus, namun jangan lupa bahwa pengguna perangkat mobile seperti Android, smartphone, berbagai model handphone canggih lainnya luar biasa banyak. 
Bahkan, mereka lebih banyak browsing dan searching informasi dengan perangkat mobile itu.

Sudahkan Anda memeriksa blog Anda, jangan-jangan sungguh tidak nyaman dan sulit diakses. Atau Anda hanya melihat dari kemudahan akses blog dari sisi perangkat selular yang ada di genggaman Anda.


Bagaimana cara cek blog mobile-friendly?
Well, bagaimana cara tau atau cara cek blog Anda mobile-friendly? Ada 2 cara untuk mengecek apakah blog mobile friendly atau tidak, yaitu dengan menggunakan mobiletest dan google.

1. Pengujian dengan Mobiletest
Anda dapat memeriksa apakah blog Anda dapat ditemukan melalui berbagai model perangkat selular dengan menggunakan situs canggih, yaitu web mobiletest.me. Caranya, Anda buka dulu web tersebut dengan mengetik url mobiletest.me.

Ketika layar mobiletest.me sudah terbuka, di sana akan tampak berbagai model smartphone dan tablet. Coba salah satu mobilephone yang tampak. Kemudian di atas akan muncul kolom dan masukkan url web/blog Anda, t3kan go atau enter, akan muncul di layar perangkat selular tersebut dengan baik jika blog Anda friendly. Anda dapat mencoba dengan berbagai perangkat selular yang ada di web mobiletest.me


2. Pengujian dengan Google Search
Untuk menguji apakah blog Anda mobile-friendly, Anda harus masuk dulu ke alamat ini, https://search.google.com/test/mobile-friendly.

Setelah Anda masuk pada web pengujian itu, Anda akan disediakan kolom untuk memasukkan alamat blog Anda berupa url. Silahkan Anda ketik url blog dan ketuk tanda bewarna kuning yang bertuliskan “Jalankan Pengujian.”

Tunggu beberapa saat karena mesin google itu sedang memeriksa. Setelah itu, Anda akan menerima “keputusan” apakah blog Anda mobile-friendly atau tidak. 
Jika okay, informasinya begini “Halaman Ini Mobile Friendly” atau halaman ini mudah digunakan pada perangkat selular. Bahkan, pengujian ini akan memberikan informasi lain yang berhubungan dengan error yag terdeteksi.

Demikian 2 cara untuk cek blog Anda. Jangan biarkan blog Anda sunyi-sepi dari pengunjung hanya karena masalah sepele yang Anda abaikan, yaitu tidak mobile-friendly.

Related Posts