--> Ide Natural Stek Batang dengan Zat Perangsang Akar yang Murah Meriah | IDEIDEKU

2 April 2018

Ide Natural Stek Batang dengan Zat Perangsang Akar yang Murah Meriah

| 2 April 2018



Stek Batang dengan ZPT -- Zat pengatur tumbuh (ZPT) umumnya juga disebut dengan zat perangsang akar. ZPT untuk stek batang sangat banyak dijual dipasar, baik di pasar online maupun offlineDengan mengeluarkan sejumlah uang, berbagai merek dagang zat perangsang akar pun dapat Anda perolehnya dengan mudah. Tetapi, bukan itu masalahnya. Kalau ada zat perangsang akar alami untuk stek batang yang murah meriah, kenapa kita harus membelinya yang sintesis?

Ide Natural Stek Batang dengan Zat Perangsang Akar yang Praktis dan Murah Meriah



Saya dan mungkin juga Anda, menanam tanaman buah adalah sebuah hobi. Makanya, saya tidak membelinya zat pengatur tumbuh (ZPT) atau perangsang akar untuk memperbanyak tanaman buah (stek batang), seperti mangga, jambu, durian, dan lain-lain. Saya sangat senang mencoba hal-hal yang natural dan bahkan mudah untuk didapatkannya.

Ide Natural Stek Batang dengan Zat Perangsang Akar yang Praktis dan Murah Meriah

Ide Stek Berawal dari Bawang Merah


Ide melakukan stek batang dengan cara menggunakan bahan natural, yaitu zat perangsang akar, berawal dari pengamatan saya kepada bawang merah. Bawang merah sangat banyak akarnya dan tumbuh pun begitu cepat saat kita tanam di medianya. Jadi, saya berpikir dan mempelajarinya mengapa dan ada apa pada bawang merah yang biasanya dijadikan bumbu dapur ini. 

Ternyata bawang merah mengandung salah satu hormon, yaitu hormon auksin. Hormon ini merupakan zat pengatur tumbuh alami (natural growth regulator) yang dapat mer4ngs4ng pertumbuhan akar. Makanya, tidak mengherankan jika umbi berwarna kemerahan ini sangat cepat tumbuh ketika ditanam. Ia dalam beberapa hari sudah mengeluarkan akar yang sangat banyak. 
Okay..pertanyaan sekarang adalah bagaimana hubungannya dengan stek batang tanaman buah? Rupanya dengan logika berpikir seperti tadi di atas, kita dapat memanfaatkan ekstrak bawang merah untuk mempercepat tumbuh akar pada batang tanaman buah yang hendak kita perbanyak dengan cara stek. Bagaimana caranya?


Cara membuat zat perangsang akar dari bawang merah

Alat-alat :


  • Pis4u
  • Blender (mixer)
  • Saringan
  • Gelas plasik ukuran ½ liter (bisa juga gayung)



Bahan :


  • Bawang merah....................1 ons
  • Air (jangan mengandung kaporit).......200 ml


Cara membuatnya :


  • Kupas bawang merah (buang kulit luar)
  • Masukkan bawang merah ke dalam blender dan hidupkan mesin blender. Tunggu beberapa menit sampai bawang merah tergiling dan hancur semuanya.
  • Diamkan sekitar 15 menit di dalam blender
  • Saring ke dalam gelas atau gayung yang sudah disiapkan dan buang ampasnya.
  • Zat perangsang akar sudah jadi.



Bagaimana mengolesi zat perangsang akar alami (bawang merah) pada stek batang?


Caranya sangat mudah. Begini caranya :


  • Lihat-lihat dulu mana tanaman buah yang bagus dan menarik. (Kalau punya tetangga, jangan lupa minta izinnya). Potong bagian tanaman buah yang ingin diperbanyak dengan cara stek (kira-kira 30 cm). Bagian tanaman yang dipotong jangan yang masih muda atau sedang tumbuh pucuk. Ambil bagian yang sudah keras dan tidak sedang mengeluarkan tunas atau daun-daun muda.
  • Olesi ekstrak bawang merah ke bagian batang yang akan ditancapkan ke media tanam (polibag atau lainnya). Atau kalau ‘nggak buru-buru, lebih baik bagian tanaman yang sudah dipotong direndam ke dalam ekstrak bawang merah lebih kurang 6 jam (lihat gambar).
  • Tanam pada media tanam yang sudah disiapkan (campuran tanah dan pupuk kandang). Syarat media tanam stek, lihat pada Tip di bawah artikel ini.
  • Tutup batang dan pot dengan plastik (semacam sungkup) agar batang tidak kering dan layu karena penguapan
  • Tempatkan pada tempat yang teduh atau dibuat naungan khusus untuk menghindari sinar matahari langsung.
  • Tunggu +/- 4 minggu,  akar dan tunas akan mulai tumbuh (biasanya, tunas dan akar sudah mulai tumbuh pada minggu kedua).




  1. Gambar : Dokpri

Ide Natural Stek Batang dengan Zat Perangsang Akar yang Praktis dan Murah Meriah
Rendaman batang. Gambar :Dokpri

Ide Natural Stek Batang dengan Zat Perangsang Akar yang Praktis dan Murah Meriah
dokumen pribadi


Demikian penggunaan zat perangsang akar alami yang murah meriah. Memang untuk menyalurkan hobi Anda berkebun, ia tak harus serba mahal. Begitu juga, kalau ada yang praktis, kenapa harus ribet. Iya, kan? 

Nah, berawal dari sebuah hobi,  ini bisa menjadi sebuah ide bisnis juga nih. Jika Anda sudah berhasil melakukan stek batang tanaman buah dengan cara alami ini, Anda bisa memperbanyak dan kemudian dijualnya. Wah..ini sangat menarik dan bisa menjadi sumber income yang patut dicoba. 

Selamat mencoba...



Tip :

Biasanya pada media tanam akan datang banyak semut karena ada aroma yang disukainya. Oleh karena itu, untuk mencegah gangguan serangga pada stek batang, taburkan bubuk kopi atau bubuk kulit jeruk di sekeliling pot atau polibag.
Jika sudah tumbuh akar dan tunas dengan daunnya sudah agak besar, batang yang distek jangan langsung dibuka sungkupnya. Membuka sungkup atau penutup plastik harus bertahap supaya terjadi adaptasi dengan lingkunga baru. 

Caranya ; buka hari ini 1 jam, besok 2 jam dan seterusnya sampai bibit stek itu benar-benar mampu beradaptasi dengan kondisi baru. Jika hembusan angin sangat kencang, jangan membuka sungkup, bisa berakibat fatal, yaitu layu.
Jika sungkup sudah dapat dibuka secara sempurna, maka bibit jangan langsung dipindahkan ke lahan tanam atau ditanam dalam pot. Biarkan dulu ditempat yang teduh sampai 1-2 bulan sampai dapat dipastikan bibit hasil stek sudah tumbuh normal dan siap diperkenalkan dengan cahaya matahari langsung.
Media tanam stek harus steril dari jamur. Media tidak steril akan menyebabkan batang membusuk. Apalagi, ketika tunas mulai tumbuh, tunas akan layu pada saat dibuka penutup. 

Makanya, media tumbuh stek harus diberikan fungisida seperti Trichoderma SP sebagai anti jamur, bisa juga fungisida, atau jika jumlah stek tidak banyak, tanah yang akan ditanam stek sebaiknya digongseng terlebih dahulu agar jamur patogen mati


Related Posts