--> 7 Langkah Mudah Menanam Daun bawang di Rak Telur | IDEIDEKU

18 November 2018

7 Langkah Mudah Menanam Daun bawang di Rak Telur

| 18 November 2018

Ide Menanam Daun Bawang di Rak Telur -- Makan nasi sama tumis daun bawang merah plus udang plus tempe lezat sekali rasanya. Pengennya setiap hari makan nasi ditemani menu daun bawang dengan variasi lainnya. Tapi, harga daun bawang merah lumayan mahal dan kadang kala tidak ada di pasar. Karena itulah, saya mikir bagaimana agar daun bawang bisa mudah di dapat dan gratis.
Akhirnya, saya dapat ide dan langsung saya coba menanamnya sendiri. Tapi, bukan di pot atau di tanah. Saya coba manfaatkan rak telur atau papan telur untuk menanam bawang merah. Rupanya benar apa kata teman-teman, hanya dalam waktu 20 hari daun bawang sudah bisa dipanen. Senang sekali rasanya.

7 Langkah Mudah Menanam Daun bawang di Rak Telur
Media tanam daun bawang. Dokpri

Berangkat dari pengalaman itulah saya coba sharing untuk "netizen" mungkin ide menanam bawang merah dengan media kartun rak telur bisa bermanfaat. Mudahnya lagi menumbukan daun bawang merah di papan telur tidak menggunakan tanah. Bagi sebagian orang yang merasa jijik melihat dan memegang tanah, mungkin menanam bawang merah dalam papan telur bekas bisa menjadi pilihan yang tepat.

Rak telur untuk menanam daun bawang tak harus beli
Untuk mendapatkan papan telur atau rak telur bekas pun tidak sulit. Rak telur untuk media tanam daun bawang tak harus dibeli. Di samping memanfaatkan papan telur yang kita simpan di rumah setelah membeli telur, kita pun bisa mendapatkannya dari penjual telur karena ada papan telur yang tidak layak pakai lagi di toko mereka. 
Tapi, kalau merasa malu memintanya, jalan lain mengambil di tempat-tempat sampah yang luar biasa banyak dibuang. Dari pada menjadi sampah, ‘kan lebih baik kita reuse untuk sesuatu yang bermanfaat.

Rak telur dan bawang merah
Bagaimana menumbuhkan daun bawang merah di papan telur? Pertama sekali bahwa tujuan menanam bawang merah di papan telur bukan untuk mengambil umbinya seperti para petani menanam bawang di sawah atau kebun. Jadi, kita hanya ingin memanen daun bawangnya saja. 
Karenanya, masa panen daun bawang yang ditanam di rak telur tidak perlu menunggu sampai 2 bulan. Hanya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya he,,he,,yaitu 15-20 hari daun bawang merah sudah bisa dicabut dan diolah sesuai dengan selera. Variasi apapun dengan daun bawang, hasil masakan sedap dan bangkitkan selera makan.

Siapkan Papan Telur Bekas
Cara budidaya atau menanam bawang merah di papan telur mudah sekali. Yang utama dan terutama adalah menyiapkan papan telur bekas sebanyak-banyaknya. Untuk satu media tanam diperlukan 3-4 papan telur. 
Jadi kalau mau tanam mungkin secara bertahap agar dapat selalu dipanen, tinggal hitung-hitung saja berapa banyak papan telur yang dibutuhkan. 
Kalau mau 4 tahap panen daun bawang, berati butuh 12 papan telur. Kalau maunya dapat dipanen daun bawang setiap hari, Anda harus menyiapkan 4 papan telur x 30 hari atau 120 papan telur. Terserahlah, yang penting siapkan dulu minimal untuk dicoba, ya 4 papan telur saja dulu.

Siapkan Umbi Bawang Merah
Pesiapkan juga umbi bawang merah. Untuk menanam bawang merah di rak telur, umbi bawang tidak perlu persyaratan yang ketat. Bukan seperti petani menanam bawang merah yang harus memenuhi syarat benih dimana benih berumur 70 hari lebih, segar dan sehat. 
Untuk menanam bawang merah di rak telur dengan tujuan panennya cuma daun bawang, maka syaratnya tidak seperti itu. Anda tinggal beli saja bawang merah dipasar seperti Anda membeli bawang merah untuk kebutuhan bumbu dapur. Ya, ukurannya sedang-sedang saja. Sebaiknya, beli bawang merah yang sudah agak kering kkadar airnya biar cepat tumbuh.
Karena dalam satu papan telur ada 30 lubang tanam, jadi dalam satu media tanam itu dibutuhkan 30 umbi bawang merah. Kalau sisi beratnya mungkin Kira-kira sebanyak 1-2 ons bawang merah untuk satu media tanam papan telur. 
Jika dikonversi dengan nilai rupiah, berarti 2 ons x Rp, 1800/ons atau Rp. 3.600,-. Tergatung harga bawang merah di pasar, bisa lebih murah lagi atau sedikit lebih mahal.

Langkah-langkan menanam bawang merah di papan telur bekas sebagai berikut :
1.  Ambil 4 papan telur dan siram dengan air, biarkan selama 10 menit
2.  Gandengkan empat papan telur tersebut menjadi satu media tanam
3.  Lubangi papan telur (tempat dudukan telur) dengan menggunakan paku kecil. Ini bertujuan agar saat disiram air tidak tergenang dan air keluar melalui lubang drainase yang sudah kita buat.
4.  Potong ujung tumbuh bawang merah sedikit saja agar mudah keluarnya daun. Potong kira-kira 1/8 dari umbi bawang merah
5.  Tanam bawang merah ke dalam papan telur tepat pada titik yang telah dilubangi dengan paku tadi. Posisinya jangan terbalik, bagian akar ke bawah dan bagian ujung umbi bawang menghadap ke atas.
6.  Taburkan  pupuk kompos tipis-tipis saja di sekeliling umbi bawang merah

7.  Jika papan telur masih lembab tidak perlu disiram.


7 Langkah Mudah Menanam Daun bawang di Rak Telur
Tanam bawang di Rak telur. Dokpri

Baca juga ini :

Rawat bawang merah dalam rak telur
Supaya bawang merah di rak telur tumbuh subur, maka Anda perlu merawatnya dengan baik. Pastikan tanaman bawang tersebut mendapat sinar, cukup air, dan tersedia nutrisi.
Letakkan papan telur yang sudah ditanam bawang merah pada tempat yang mendapatkan sinar matahari dengan intensitas 40-50%. Artinya, daun bawang akan tumbuh walaupun tidak mendapat sinar matahari secara penuh. 
Lakukan penyiraman 2 kali sehari agar media papan telur tetap lembab. Ketika daun bawang sudah berumur tujuh hari, jika ada air cucian beras, siram dengan air cucian beras sekali saja sudah cukup agar tersedia nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya.
Demikian cara tanam daun bawang dalam media papan atau rak telur. Mudah sekali menanam bawang merah di rak telur, bukan? Rawatlah dengan baik seperti menyiram dan memupuk secukupnya saja agar daun bawang merah dapat tumbuh subur sehingga panen pun bisa banyak walau hanya menanam di rak telur. Selamat mencoba..

Related Posts