--> Ide Aman Ganti Template Blog untuk Publisher dan Non-Publisher | IDEIDEKU

27 September 2019

Ide Aman Ganti Template Blog untuk Publisher dan Non-Publisher

| 27 September 2019

Cara Ganti Template Blog – Template atau tema blog menentukan keberhasilan para blogger. Apalagi para publisher adsense, template blog sangat penting karena berdampak pada pendapatan. Makanya, kalau sudah jenuh dengan tema lama, saatnya untuk merubah dengan template blog blogger Anda.

Ide Aman Ganti Template Blog untuk Publisher dan Non-Publisher
Ilustrasi template blog blogger

Tampilan blog yang kurang menarik, loading lambat, menu tak lengkap, navigasi blog tak jelas, dan lainnya menyebabkan pembaca meninggalkan blog Anda. Viewer memang mencari informasi, tapi mereka lebih suka blog yang fast loading alias tidak lelet.

Mengganti template blog blogger itu mudah
Tapi, bagaimana cara mengganti template blog terutama blog blogger? Memasang template blog yang baru sebetulnya sangat mudah. Gampang dan tidak punya kendala apapun kalau blog tersebut tidak menampilkan iklan dari adsense khususnya.
Tapi, jika blog Anda sudah diterima google adsense (GA) ini harus hati-hati ganti template. Sebab, jika salah prosedur akan beresiko dihentikan tayangan iklan di blog Anda. Kalau sampai trouble, cukup menyesal, kecewa, dan menyedihkan. Bukankah cukup sulit untuk menjadi publisher GA?

Siapkan template blog yang baru

Okay, langkah-langkah mengganti template blog khususnya blogger, akan kita bahas dalam artikel ini. Namun, sebelum menempelkan script template baru ke blog Anda, persiapkan dulu template blog yang SEO. Cari template blog yang benar-benar bagus performance-nya alias tidak meragukan. 
Anda bisa menukar template blog sesuai selera dan kemampuan. Maksudnya, Anda bisa memilih template yang gratis, dan bisa juga yang komersial. Keduanya, baik template gratis maupun yang berbayar, cukup banyak tersedia di internet.
Sebelum me-d0wnl0ad atau order template baru dari penyedia - biasanya dari para master blog - perlu didemo dulu untuk melihat tampilan dan kecepatan blog. Jika sudah okay dari semua sisi yang dikehendaki, silakan di d0wnl0ad atau membelinya.
Kalau semuanya sudah siap, seperti template gratis sudah di-copy ke notepad (bisa juga simpan sementara di MS Word) atau template berbayar sudah dikirim ke e-mail Anda, selanjutnya adalah memasang ke blog Anda.
Sebelumnya, pastikan dulu tidak ada gangguan arus listrik dari PLN. Sebab, jika arus listrik terputus, maka pekerjaan mengganti template blog menemui jalan buntu. Kita tidak bisa mengandalkan power dari baterai laptop atau komputer karena butuh waktu yang sedikit lama (1-2 jam, pengalaman penulis di blog lain)
Selain itu, siapkan juga segelas kopi hangat agar tidak mengantuk atau stres dalam merubah template blog lama dengan template yang baru.

Hati-hati dalam mengganti template blog
Pergantian tema blog ini membutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Sedikit saja salah menempatkan kode-kode berupa java script dalam template blog, semuanya menjadi gagal.
Untuk itu, sebelum mengganti tema blog blogger, langkah awal yang jangan diabaikan adalah mencadangkan konten blogger. Tombol tersebut ada di pojok kanan atas setelah Anda tap menu template blog Anda. Ini untuk antisipasi kalau-kalau terjadi error dalam dalam proses mengganti template baru.

Cara Mengganti Template Blog
Berikut ini cara ganti template blog blogger baik untuk publiser GA maupun yang tidak memasang iklan.

A. Persiapan sebelum memasang template blog yang baru
  • Buka terlebih dahulu MS Word. Untuk apa? Untuk menyimpan kode-kode script template atau url penting yang ada dalam template lama.
  • Login ke akun blogger Anda
  • Pilih blog yang ingin diganti template
  • Tap pada tema (template)
  • Tap edit HTML
  • Copy semua kode adsense yang sudah terpasang, kode google analytic, kode target negara, termasuk kode iklan otomatis. Copy-nya satu persatu.
  • Paste-kan kode adsense tersebut ke MS Word terlebih dahulu untuk disimpan sementara waktu

Catatan ; langkah 5,6 dan 7 tidak perlu untuk non-publisher . Lanjutkan ke pemasangan template baru berikut ini.

B Mengganti template blog yang lama dengan template baru
  • Tap kembali pada template blog lama (kalau sudah ditutup)
  • Tap edit HTML
  • Hapus/delete semua script template lama
  • Paste-kan script atau kode-kode template blogger yang baru
  • Pasang kembali kode-kode adsense, google analytic, dan lainnya yang sudah disimpan sebelumnya di MS Word, tepat pada tempatnya masing-masing. Pastikan kembali sudah okay penempatan kode GA
  • Lalu tap simpan tema/save template

Catatan ; langkah ke-5 tidak perlu dilakukan untuk non-publisher, langsung ke langkah ke-6
Sampai di sini Anda sudah selesai mengganti template blog blogger yang baru. Selanjutnya silakan atur dan rapikan menu-menu blog Anda. Semoga ide ganti template blog ini bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan.

Related Posts