--> Supaya Ponsel Android Anda Tetap Awet, Begini Cara Merawatnya | IDEIDEKU

24 Oktober 2019

Supaya Ponsel Android Anda Tetap Awet, Begini Cara Merawatnya

| 24 Oktober 2019

Cara Merawat Hp Android – Barang yang dirawat dengan baik tentu lebih awet dan dapat dipakai lebih lama. Demikian juga dengan HP Android milik Anda, jika dijaga dan digunakan sesuai petunjuk, tentu tidak cepat rusak dan performanya tidak kalah dengan ponsel baru.


Supaya Ponsel Android Anda Tetap Awet, Begini Cara Merawatnya

Sayangnya, tidak semua pengguna hp Android mengerti cara merawatnya. Mereka kurang memahami hal apa saja yang penting diperhatikan pada ponsel android.
Padahal,  kita tau bahwa fungsi hp sebagai alat komunikasi dan informasi cukup penting di zaman digital ini. Bayangkan kalau ponsel cerdas yang Anda miliki mengalami trouble atau bahkan sering drop saat digunakan, apa jadinya?
Lantas bagaimana cara merawat hp android agar lebih tahan dan dapat digunakan dalam waktu yang relatif lama. Yuk kita simak info selengkapnya tips merawat HP Android 

Tips Merawat Hp Android
Memasang screen protector
Walaupun kedengarannya sepele, tapi pelindung layar dapat menjaga bagian depan ponsel dari retak akibat jatuh. Tentu saja tempered glass ini diperuntukkan bagi ponsel yang tak dilengkapi fitur pelindung layar dari pabrik.

Pelindung tempered glass ini juga dapat menjaga keawetan layar dari goresan benda tajam atau kuku saat digunakan.

Case HP

Penyebab utama kerusakan HP adalah seringkali terjatuh yang tentunya tidak sengaja. Untuk meminimalkan resiko rusak gara-gara jatuh ini cobalah memasang case pelindung pada body ponsel. 
Case yang solid juga dapat melindungi ponsel kesayangan dari kerusakan misalnya gara-gara tertindih atau terinjak.

Lagi pula saat ini semakin banyak pilihan case dengan berbagai tema yang dapat dipilih sesuai selera. Tak hanya semakin terlindungi, tampilan ponsel Anda pun jadi lebih keren. 
Kalau ingin case ponsel yang lebih eksklusif dan tak ada duanya, Anda bisa membeli secara custom alias sesuai desain sendiri. Ini misalnya sesuai dengan hobby Anda, baik sepakbola, game, anime, hingga foto keluarga atau yang lainnya.

Tidak menggunakan ponsel saat sedang di-charge
Inilah tip merawat HP Android yang paling sulit dilakukan terutama bagi para gamer. Menunggu ponsel diisi baterai memang bisa sangat menggelisahkan bagi mereka yang sudah kecanduan. 
Akhirnya mereka tetap bermain game pada kondisi HP tengah di-charge. Walaupun sepertinya hal yang kecil tapi ini bisa berakibat fatal.

Baterai HP Anda akan cepat rusak karena lempengan di bagian dalamnya bocor. Kalau HP Anda sudah terlihat menggelembung artinya baterei sudah mengalami kerusakan. 
Menggunakan aplikasi yang berat, terutama bermain game saat daya juga tidak dianjurkan karena cepat menghabiskan CPU serta RAM perangkat Anda.

Menghapus widget

Untuk menjaga keawetan smartphone Android Anda, perangkat lunak atau softwarenya juga perlu diperhatikan. Ini contohnya terkait widget aplikasi pada smartphone. 
Widget yang tak beraturan dan bertebaran pada ponsel Anda akan memperberat pengoperasian perangkat. 
Ini karena widget bisa tetap aktif walaupun aplikasinya sudah ditutup. Jadi secara teratur hapuslah widget pada layar beranda yang tidak penting.


Hanya menggunakan aplikasi yang penting

Cobalah menyortir aplikasi yang ada di ponsel Anda, terutama bila perangkat sudah mulai lemot atau lambat. Tanda-tandanya adalah slow respon atau putus-putus saat mengakses aplikasi. 
Penyebab hal ini adalah konsumsi CPU dan RAM yang besar oleh aplikasi yang berat. Ini kerap terjadi pada ponsel dengan spesifikasi yang kurang sinkron aplikasi yang Anda unduh.

Solusi terbaik adalah mulai menghapus aplikasi-aplikasi Android yang sekiranya tidak diperlukan. Dengan begitu performa ponsel diharapkan bisa kembali normal seperti seharusnya.

Update versi terbaru aplikasi

Tip merawat HP Android berikutnya adalah rajin update system operasi terbaru. Ini penting untuk keamanan system pada perangkat lunaknya sekaligus meningkatkan performa smartphone tersebut. 
Anda mungkin kerap melihat pada bagian bar layar atas ada notifikasi yang meminta perbaruan dengan segera. 
Sebaiknya jangan ditunda lagi karena dengan system terbaru smartphone Anda lebih terlindung dari virus, fiturnya semakin meningkat karena ada tambahan dari pengembang software, serta ada perbaikan bug dari aplikasi tersebut.


Menginstal aplikasi untuk meningkatkan performa Android

Bila berkaitan dengan perangkat ponsel ada 2 cara perawatan yang harus dilakukan yaitu merawat di bagian hardware-nya serta software-nya. Kalau perawatan hardware cukup mudah dilakukan karena terlihat dari bentuk fisiknya. 
Yang seringkali mengalami masalah adalah perawatan pada softwarenya yang tak dapat dilakukan oleh semua orang.

Tapi Anda tak perlu khawatir, semakin banyak aplikasi pada Google Play yang dapat diunduh untuk memperbaiki performa ponsel Android Anda. Salah satu yang banyak direkomendasikan adalah All in One Toolbox. 
Dengan satu aplikasi multifungsi ini Anda bisa membuat software smartphone semakin meningkat performanya.
Aplikasi ini dapat digunakan untuk memaksimalkan RAM, compress data foto, applock plugin, mengelola aplikasi, mengelola berkas, CPU cooler alias pendingin CPU, serta menghemat daya baterai.
Misalnya, saat berniat membersihkan cache untuk memaksimalkan kinerja RAM, Anda tinggal tap saja tanpa perlu pengoperasian yang rumit. Demikian pula bila ingin menghapus aplikasi yang dirasa tak berguna, dapat dilakukan dengan cara yang mudah.
Cara mudah lainnya yang perlu Anda ketahui untuk merawat smartphone Android Anda adalah tidak terlalu sering membiarkannya hingga daya baterai habis sama sekali. Jadi pastikan Anda membawa kabel charger atau power bank saat bepergian untuk keperluan tersebut.
Begitulah cara atau tips merawat ponsel Android agar awet. Lebih dari itu, hp android yang Anda punya, benar-benar nyaman dan lancar ketika digunakan untuk berkomunikasi maupun berselancar di dunia maya alias browsing internet.

Related Posts