--> Begini Nih Cara Membuat Tauco Sendiri yang Enak dan 13 Manfaatnya | IDEIDEKU

5 Desember 2018

Begini Nih Cara Membuat Tauco Sendiri yang Enak dan 13 Manfaatnya

| 5 Desember 2018

Membuat Tauco -- Selamat datang, bagi anda yang ingin membuat tauco sendiri tapi belum tau caranya? Belum tahu manfaat dari mengkonsumsi tauco? Di sini, saya akan membahas tentang Manfaat dan Cara Pembuatan Tauco. 

Bagaimana membuat tauco sendiri? Saya akan menjelaskan secara mudah dan singkat, padat, dan jelas. Tapi sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu tauco, baru kemudian cara pembuatan dan manfaat taucoOkay, langsung saja.

13 Manfaat Tauco dan Cara Membuatnya Agar Rasanya Enak


Cara Pembuatan Tauco
Sebelum membahas cara membuat atau pembuatan Tauco. Sebenarnya apa itu Tauco? Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai yang di rebus, dihaluskan, dan diaduk menggunakan tepung terigu dan dibiarkan sampai berjamur atau melakukan fermentasi. Tauco adalah makanan pendamping bagi makanan yang lainnya.
Jika anda belum tahu, kedelai yang masih berbentuk biji kedelai itulah yang dijadikan sebagai tauco, sedangkan airnya itulah yang digunakan sebagai kecap. Tauco dapat disimpan selama bertahun tahun asalkan tidak terkena air atau bahan organic lainnya. Di Indonesia, tauco di berbagai tempat berbeda rasa dan keunikannya sendiri sendiri.
Baca juga ini :
Anda mungkin pernah mendengar dengan masakan tauco udang, tauco ikan, tauco cumi, tauco tempe, dan berbagai masakan tauco lainnya. Semuanya enak dan rasanya lezat sekali hmmmm.
Yuk, kita membuat tauco. Oke, langsung saja cara pembuatan tauco, bahan bahan pembuatan tauco adalah sebagai berikut :
  • Kedelai kuning 1 kg
  • Ragi tempe 50 gram
  • Tepung ketan 50 gram
  • Tepung beras 50 gram
  • Garam 400 gram
  • Gula aren 250 gram
  • Air 2 liter

Cara Membuat tauco:
  1. Ambil kacang kedelainya, cuci dan bersihkan dulu.
  2. Rendam air panas selama 5 menit, kemudian air dingin selama 12 jam
  3. Jangan lupa kupas kulitnya sehingga tinggal biji kedelai saja
  4. Rebus kedelai tadi selama 2 jam, tiriskan selama 1 jam, jika sudah dingin, sisihkan
  5. Sangrai tepung beras dan tepung ketan, campur dulu tepungnya baru di sangrai hingga berwarna kuning
  6. Tambah dengan ragi tempe tadi kemudian aduk dengan rata
  7. Ratakan kedelai diatas wadah atau tatakan yang sudah anda siapkan seperti tempeh, taburi campuran tepung tadi, biarkan selama 3 hari supaya berfermentasi
  8. Jemur kedelai sampai kering dan haluskan gumpalannya
  9. Larutkan garam tadi dengan air, masukkan campuran kedelai dalam wadah yang disiapkan.
  10. Tutup rapat dan biarkan selama 4 minggu untuk berfermentasi
  11. Saat memasak, beri gula supaya saat memasak tidak meninbulkan atau berbentuk buih buih
  12. Masak hingga mendidih, letakkan di tempat yang sudah disediakan dan siap dimakan atau disimpan lagi
  13. Selesai


Seperti itulah cara pembuatan dari tauco serta bahan bahan yang harus kita beli atau punya untuk membuatnya. Cukup mudah, Cuma butuh waktu yang lama karena menunggu masa fermentasi dari kedelai dan raginya. 

Apakah tauco bisa disimpan?
Ya, tauco tentu bisa disimpan dan bertahan relatif lama. Untuk lebih praktis, tauco dapat disimpan dalam botol atau toples berbahan kaca. Namun, jika sulit untuk mendapatkan botol kaca atau toples, Anda bisa juga mengemasnya dengan plastik. 
Sebenarnya penyimpanan tauco tergantung pada tujuan membuat tauco. Kalau membuat tauco untuk konsumsi sendiri, mungkin tidak perlu kemasan yang bagus-bagus banget. Namun, jika tujuan komersial, kemasan sebagai wadah penyimpanan mesti tampil bagus , menarik dan juga steril.
Tapi, kalau bicara dari sisi steril, sudah tentu kedua-duanya, baik untuk dimakan sendiri atau untuk dijual, maka kemasan penyimpanan harus bebas dari mikroorganisme seperti jamur atau bakteri.

Bagaimana cara sterilisasi botol penyimpanan tauco?
Ada banyak metode untuk sterilisasi kemasan atau wadah penyimpanan tauco seperti menggunakan bahan kimia, pemanasan, dan lainnya. Tetapi, cara yang lebih praktis dan ekonomis untuk sterilisasi botol kemasan adalah dengan pemanasan. 
Langkah sterilisasi botol penyimpanan tauco :
  • Cuci botol dengan menggunakan detergen sampai bersih dari kotoran-kotoran yang lengket pada botol. Jika perlu, botol disikat
  • Bilas sampai bersih dan hilang bau detergennya
  • Bilas sekali lagi dengan menggunakan air panas
  • Kukus atau rebus botol beserta tutup botol selama 10-15 menit
  • Angkat dan tiriskan dengan meletakkan botol pada kain atau kertas yang kering dengan posisi botol terbalik
  • Botol sudah siap diisi dengan tauco dan simpan

Apakah membuat tauco bisa untuk usaha sampingan? 
Nah, jika Anda sudah mahir membuat tauco dan sudah mengerti cara menyimpan atau mengemas tauco dengan cara yang baik dan benar, maka tuaco bisa menjadi salah satu usaha sampingan untuk ibu-ibu rumah tangga atau bagi yang berminat membuka bisnis. 
Andai saja serius dijalankan usaha produksi tauco sebagai home industri, maka usaha ini merupakan usaha yang sangat prospektif. Bukan hanya sekadar penghasilan sampingan, tapi lebih dari itu bisa menjadi income utama.
Dari sisi pasar, tauco menjadi salah satu produk bumbu yang sangat banyak peminatnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membuat tauco untuk dipasarkan tidak usah ragu. Respon pasar terhadap tauco cukup bagus.
Namun, agar tauco yang sudah Anda produksikan cepat laris dan banyak pelanggannya, Anda harus menjaga kualitas tauco agar citrarasanya tetap lezat. Di samping itu, lakukan promosi dengan cara memperkenalkan pada teman-teman secara langsung maupun media sosial. Dan banyak cara penjualan lain yang bisa Anda lakukan seperti iklan, kerja sama dengan toko, pedagan kaki lima, dan lain-lain.

Apa manfaat tauco sebenarnya?
Setelah kita mengerti membuat tauco, jangan sampai tidak tau apa manfaatnya. Nah, sekarang kita lihat dari sisi manfaat tauco. 
Ternyata tauco juga memiliki banyak manfaatnya. Makanya, tidak heran jika tauco begitu laris manis di pasar. Baik, apa saja manfaatnya? Manfaat dari mengkonsumsi tauco : 
  1. Tentunya menjaga kesehatan tubuh
  2. Memiliki banyak sumber nutrisi seperti protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin A, B1, B3, B6, dan C serta magnesium dan fosfor
  3. Menjaga kesehatan jantung kita
  4. Membantu proses metabolism dalam tubuh
  5. Membantu menyehatkan atau membantu proses pemulihan bagi penderita penyakit anemia
  6. Mencegah penyakit tulang yaitu osteoporosis
  7. Mencegah dari penyakit diabetes
  8. Mencegah penuaan dini
  9. Meningkatkan stamina bagi tubuh
  10. Mencegah penyakit kanker
  11. Membantu, bisa juga membantu proses pertumbuhan pada anak anak
  12. Mencegah penyakit liver atau penyakit hati
  13. Memberikan nafsu makan bagi yang susah makan

Itulah beberapa dari manfaat mengkonsumsi tauco. Alangkah baiknya untuk mencoba membuat atau mengonsumsi di rumah untuk menjaga kesehatan anda. Demikian dari saya yang telah menulis artikel tentang  manfaat dan cara pembuatan tauco. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts