--> Rahasia Membuat Rujak Serut Nan Sedap dan Wangi Ada Pada Buah Ini | IDEIDEKU

29 November 2018

Rahasia Membuat Rujak Serut Nan Sedap dan Wangi Ada Pada Buah Ini

| 29 November 2018

Cara Membuat Rujak Serut -- Rujak biasanya dibuat dari campuran buah-buahan atau sayuran. Sebagai penyedap rasa dan aroma, ke dalamnya ditambah dengan bumbu racikan spesial seperti gula, garam, cabai, kacang dan lainnya.

Buah Ini Rupanya Rahasia Sedap dan Wanginya Rujak Serut Aneka Buah
Rujak serut. Dokumen pribadi

Makanya, rujak yang dibuat itu rasanya pun “rame-rame” seperti ada rasa asam, manis, pedas, asin, dan segudang lain yang tak bisa diucap dengan kata-kata. Intinya, rujak makanan segar multivitamin dan juga multirasa yang sangat sedap untuk dinikmati.

Ramai penikmat rujak
Biasanya rujak identik dengan makanan ibu hamil. Tapi, siapa sangka kalau sekarang rujak sudah menjadi kuliner yang banyak penikmatnya.  
Bukan hanya kaum ibu-ibu saja yang doyan rujak, kaum bapak-bapak pun menyukainya. Bahkan, kudapan rujak digemari pula oleh muda-mudi.

Macam jenis rujak
Ada berbagai macam jenis rujak yang dikenal di nusantara ini. Jenis rujak yang dbuat dengan bahan dasar buah-buahan seperti rujak U-Groh (batok kelapa muda nan rapuh) di Aceh, rujak petis (Madura), rujak mangga, rujak serut atau gobet dan sejumlah jenis rujak buah lainnya.
Bahkan, ada juga buatan rujak dengan sebutan rujak meskipun bukan berbahan utama buah-buahan. Misalnya rujak Shanghai (Jakarta) yang terbuat dari campuran lobak dan ubur-ubur dan tambahan beberapa bahan penyedapnya.
Demikian juga dengan di Palembang ada rujak mi. Rujak ini sudah pasti dibuat dari bahan utamanya mi kuning, dan sayuran seperti tauge serta ada kuahnya.
Umumnya, hampir semua daerah di Indonesia memiliki kreasi rujak dan menunjukkan kekhasannya masing-masing. Demikian juga dengan rasa, semua jenis makanan rujak memiliki keunikan dan citarasa tersendiri tergantung olahan bahan dan racikan bumbunya. Tapi, yang jelas, rujak adalah makanan penyegar yang sangat lezat dan nikmat

Rujak plus es makin nikmat
Makan rujak memang paling nikmat dan segar. Apalagi cuaca panas, makan rujak merupakan saat yang tepat untuk menghilangkan rasa gerah.
Tapi, akan paling fresh dan nikmat jika disajikan dingin-dingin. Caranya, bisa dengan tambahan sedikit es ke dalamnya. Kalau tidak ada ice cream, tambah saja es kristal atau es batu ke dalam rujak.
Baca juga ini :

Bagaimana membuat rujak serut yang sedap dan wangi?
Kali ini kita akan menyajikan postingan resep tentang bagaimana membuat rujak serut atau rujak gobet yang rasanya sedap atau pas di lidah. Rujak serut ini memang rujak yang dibuat dari aneka buah-buahan. Semua bahan buah diserut atau diparut agar ukurannya kecil atau halus.
Kalau di Aceh, ketika membuat rujak, maka ke dalam bumbu rujak ada tambahan buah Batok. Ternyata buah batok inilah rahasia yang membuat rasa rujak luar biasa enak dan wangi pun bikin ketagihan mau dan mau lagi. Rencana membuatnya? Yuk kita bikin rujak serut. 

Apa saja peralatan membuat rujak? 
Tunggu dulu sob, masih ada yang perlu dipersiapkan. Nah, ini dia yang mesti Anda siapkan lebih dulu sebelum membuat rujak serut, yaitu peralatan membuat rujak. Peralatan ini penting agar proses pembuatan rujak serut tidak ada hambatan.
Paling tidak, ada 5 alat-alat yang harus ada ketika membuat rujak, yaitu uleg-uleg, pis4u, baskom, parutan rujak serut, dan sendok.
Dalam membuat rujak serut, pis4u digunakan untuk mengupas kulit buah-buahan dan memotong atau membelah buah agar mudah untuk diparu nantinya. 
Uleg-ulegini bentuknya cekung dan bahannya bisa kayu atau dari batu. Uleg-uleg berfungsi untuk melumatkan atau menghaluskan bahan-bahan rujak serut.
Parutan rujaktentu saja akan digunakan untuk memarut buah-buahan dalam pembuatan rujak serut. Sedangkan baskom berguna untuk menaruh bahan rujak yang sudah diparut. Baskom ini juga menjadi tempat untuk mencampur bahan dan bumbu rujak. Sedangkan untuk mengaduk dan mengambil garam atau bahan lainnya digunakan sendok.

Bahan-bahan membuat rujak serut:
  • Nenas...1 buah
  • Kaktes/pepaya... 1 buah (masih mengkal)
  • Bengkuang... 1 kg
  • Mentimun... 1 kg
  • Kweni atau buah kuini... 2 buah
  • Mangga..2 buah

Bumbu-bumbu rujak serut :
  • Gula merah... ¼ Kg atau secukupnya sesuai selera
  • Garam... 1 sdm (secukupnya)
  • Asam jawa sedikit
  • Cabai rawit, banyaknya sesuai selera
  • Buah batok... 1 buah

Langkah-langkah membuat rujak serut aneka buah :

  • Kupas semua buah-buahan dan diserut (seperti memarut gituh)
  • Semua bahan bumbu termasuk isi buah batok dihaluskan dan tambahkan sedikit air ke dalam adonan bumbu.
  • Bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dicampur dengan buah-buahan yang sudah diserut. Sambil dicampur, jangan lupa dites rasanya. Mana tau ada yang kurang-kurang seperti kurang manis atau kurang pedas bisa ditambah hingga rasanya pas di lidah dan sedap.
Buah Ini Rupanya Rahasia Sedap dan Wanginya Rujak Serut Aneka Buah
Rujak seru dingin. Dokpri


Cara agar rujak tahan lama
Rujak serut yang sudah jadi bisa langsung dinikmati. Kalau mau disimpan dulu boleh juga. Tapi, rujak bisa cepat berubah rasa kalau tidak disimpan dengan cara yang benar. Oleh karena itu, agar bisa bertahan lebih lama atau tidak cepat basi, setelah rujak dibuat, maka rujak bisa dimasukkan/disimpan ke dalam freezer.
Demikian Sobat resep rahasia membuat rujak serut yang sedap dan wangi dengan aneka buah. Selamat mencoba

Related Posts