--> Cara Membuat Urap Sayur Enak Dengan Kombinasi 3 Sayuran Ini | IDEIDEKU

10 Desember 2018

Cara Membuat Urap Sayur Enak Dengan Kombinasi 3 Sayuran Ini

| 10 Desember 2018

Cara Membuat Urap Sayur -- Urap sayur menjadi pelengkap menu makan yang sangat spesial karena rasanya yang lezat. Jika Anda tertarik dengan sayur urap ini, Anda dapat membuat sendiri. Sebab, cara membuat urap sayur enak ini sangatlah mudah.

Apa itu urap sayur? Urap sayur adalah sayuran baik tunggal maupun kombinasi beberapa sayuran yang ditaburi kelapa parut yang sudah dibumbui. Urap sayur ini rasanya agak manis karena dalam bumbunya sudah ditambah gula merah.

Cara Membuat Urap Sayur Enak Dengan Kombinasi 3 Sayuran Ini
Urap sayur. Dokpri

Biasanya urap sayur dibuat sebagai salah satu sayuran pelengkap menu pada acara-acara seperti pesta, acara syukuran, maulid, dan lainnya. Namun, tidak salahnya jika Anda membuat urap sayur untuk konsumsi sendiri di rumah.

Pilih sayur bergizi untuk urap sayur
Biasanya membuat urap hanya dengan 1 atau 2 sayuran. Tetapi, Anda bisa mencoba membuat urap sayur dengan kombinasi 3 sayuran atau lebih.
Beberapa sayuran yang sering dipakai dalam membuat urap sayur seperti tauge, kacang panjang, bunga pepaya, daun pakis, daun ubi, kangkung, kol, bayam dan lainnya.
Dengan banyak kombinasi sayuran yang tepat, sudah pasti hasilnya enak banget. Tapi, pastikan memilih sayuran untuk membuat urap sayur yang praktis, ekonomis dan bergizi.

Urap sayur ikan teri atau ikan kayu?
Selain membuat urap sayur hanya dengan campuran sayur-sayuran, ada juga yang menambahkan teri atau ikan kayu atau keumamah (Aceh). Inilah yang dinamakan dengan urap sayur teri atau urap sayur keumamah.
Dengan penambahan ikan tersebut ke dalam urap sayur, tentu saja membuat olahan urap semakin spesial dan rasanya nan enak.

Membuat urap sayur enak kombinasi 3 sayuran
Baik, bagaimana membuat urap sayur yang enak dengan 3 kombinasi sayuran seperti tauge, daun ubi, dan kacang panjang? Sebelum membuatnya, persiapkan bahan-bahan terlebih dahulu agar tidak ada yang terlupakan nantinya.
Setelah semua bahan-bahan berupa sayuran untuk membuat urap tersedia, maka harap dipastikan bahwa sayuran yang akan dijadikan urap sayur itu bebas dari kotoran dan juga mungkin residu pestisida yang digunakan petani dalam budidaya tanaman sayuran.
Oleh karena itu, sebelum sayuran digunakan untuk membuat urap sayur perlu dicuci sampai bersih. Hal ini tentu saja untuk menjamin kesehatan dari makanan urap sayur yang akan dikonsumsi.
Okay, kita akan membuat urap sayur untuk konsumsi 10 orang. Karena itu, maka kebutuhan bahan-bahan urap pun disesuaikan.

Bahan kombinasi sayuran urap:
1.  Tauge...2 ons
2.  Kacang panjang...1 ons
3.  Dau ubi...1 ikat

Bahan bumbu untuk urap sayur :
  • Kelapa parut...1 butir kelapa ukuran sedang
  • Daun jeruk purut...3 helai
  • Bawang putih...1 siung
  • Bawang merah...5 siung
  • Kencur...3 rimpang
  • Cabai rawit...5 buah (sesuai selera)
  • Cabai merah...3 buah (sesuai selera)
  • gula merah... 1/4 Kg atau secukupnya 
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Urap Sayur Enak Dengan Kombinasi 3 Sayuran Ini
Bumbu urap. Dokpri


Langkah-langkah membuat urap sayur :
  • Semua sayur untuk urap, yaitu tauge, daun ubi, dan kacang panjang direbus sebentar.
  • Semua bumbu urap (kelapa dan bumbu lainnya) dihaluskan dan dimasak sebentar sambil aduk-aduk, kira-kira 5 menit
  • Campurkan sayur urap sampai tercampur merata
  • Tambahkan bumbu urap yang telah dimasak ke dalam sayuran dan aduk merata.
  • Urap sayur enak dengan kombinasi 3 sayuran ini sudah siap disajikan
Baca juga ini :
Kalau sudah siap membikin urap sayur, berarti sudah saatnya kita makan sekarang. Akan menjadi lebih lengkap jika ada juga nasi kuning di meja makan. Tapi, tidak apa-apa kalau tidak ada, cukup dengan nasi putih saja sudah sangat spesial. Lain waktu akan kita coba membuat nasi kuning 😅
Demikian cara membuat urap sayur yang enak dengan kombinasi 3 sayuran, yaitu tauge, kacang panjang dan daun ubi. Setelah mencoba resep urap sayur ini, mungkin Anda dapat berkreasi dengan variasi dan kombinasi jenis sayuran lainnya. 

Related Posts