--> Mudahnya Menanam dan Merawat Pisang Dalam Pot | IDEIDEKU

12 Juli 2019

Mudahnya Menanam dan Merawat Pisang Dalam Pot

| 12 Juli 2019

Menanam Pisang Dalam Pot – Anda mungkin tertarik menanam pisang, tetapi terkendala dengan lahan yang terbatas. Jika demikian ceritanya, Anda tak perlu pesimis karena menanam pisang tidak selamanya mesti di kebun. Jadi, tanam dimana? Ternyata pisang pun bisa ditanam dalam pot.
Menanam pisang dalam pot memang menjadi daya tarik tersendiri. Pisang dalam pot bisa menjadi semacam tanaman hias sehingga menambah estetika rumah Anda. Ada yang bentuk kerdil seperti bonsai, tapi cukup indah.

Mudahnya Menanam dan Merawat Pisang Dalam Pot
Pisang dalam pot
Gambar : Dokpri

Pisang dalam pot mesti rajin merawatnya
Apalagi dirawat dengan baik, seperti mendapat sinar matahari dan cukup unsur hara, bisa saja tanaman pisang berbuah layaknya pisang yang ditanam langsung di tanah. Kalau seperti ini, pisang benar-benar menjadi tanaman buah dalam pot (tabulampot).
Bagaimana cara menanam pisang dalam pot? Caranya cukup mudah tergantung tujuan Anda menanamnya. Merawat pun cukup sederhana. Yang sulit adalah kemauan menanamnya. Dan yang mungkin sukar adalah memberikan perhatian penuh untuk merawatnya.
Jadi, kalau Anda tertarik menanam pisang dalam pot, pastikan dulu bahwa Anda memang sungguh-sungguh ingin merawatnya seperti menyiram, memangkas daun-daun, memupuk, dan lainnya.
Sebab, kalau tanaman pisang mendapat perawatan yang baik, tentu ia akan tumbuh cantik, subur dan daun-daunya hijau. Dengan seperti itu, ia akan “menghibur” pemiliknya dan menjadi pesona untuk setiap mata yang menatapnya.

Bibit pisang untuk ditanam dalam pot
Pisang banyak sekali jenisnya. Kalau memang mengharapkan dua-dua, yaitu keindahan dan buahnya, maka carilah bibit pisang yang sesuai selera Anda seperti pisang ayam, pisang kepok, pisang raja, dan lainnya. Dan kalau suka, tidak salahnya menanam pisang monyet dalam pot, indah kuk.


Mudahnya Menanam dan Merawat Pisang Dalam Pot
Ilustrasi Bibit Pisang. Dokpri

Bibit pisang tidak sulit diperoleh. Kalau tidak ada di rumah, sama tetangga mungkin banyak. Pisahkan anakan dari induknya. Lalu, untuk sementara waktu, Anda semai dalam polybag terlebih dulu agar lebih adaptif ketika dipindahkan ke dalam pot.
Pot untuk menanam pisang
Pilihlah pot yang kuat kalau memang mau menanam pisang dalam pot. Selain itu, pot harus t4h4n lebih lama karena pisang usia hidupnya agak lama. Kalau mau tampil lebih cantik, pilih pot khusus untuk tanaman hias. 

Yang patut diperhatikan lagi dalam memilih pot adalah ukurannya. Untuk ukuran pot, carilah pot yang memiliki ukuran besar, minimal ukuran diameter 50 cm dan tinggi 60 cm.


Mudahnya Menanam dan Merawat Pisang Dalam Pot

Pot yang dibeli atau dibuat sendiri harus ada lubang-lubang pada bagian dasarnya. Kalau belum ada lubangnya, silakan dibolongin dulu beberapa titik. Lubang-lubang ini berfungsi sebagai saluran pembuangan air. Pisang suka lembab, tapi pohon pisang tidak menyukai air tergenang dalam pot.

Media tanam pisang dalam pot
Tanah yang akan diisi dalam pot harus yang subur. Karena itu, tanah mesti dicampur dengan pupuk kandang, arang sekam, dan sedikit pasir. Aduk dan campur secara merata, lalu masukkan ke dalam pot sampai ¾ pot.

Cara Menanam pisang ke dalam pot
Jika semuanya sudah siap, yaitu bibit pisang sudah ada, pot sudah dilubangi, media tanam sudah diisi, maka sudah tiba saatnya menanam pisang. Cara menanam mudah sekali.
Berikut ini cara menanam pisang ke dalam pot.
  1. Gali lubang tanam di tengah pot seukuran polybag bibit pisang
  2. Sobek atau iris sisi polybag bibit pisang
  3. Keluarkan bibit pisang secara pelan-pelan supaya tanah tidak terlepas dari akarnya
  4. Tanam bibit pisang ke dalam pot
  5. Timbun kembali dengan tanah sampai menutupi semua akarnya
  6. Siram secukupnya

Merawat pisang dalam pot
Kalau sudah menanam, jangan lupa merawatnya. Pisang yang mendapat sentuhan tangan pemiliknya akan cukup senang. Ini dapat ditandai dengan pertumbuhannya yang sehat, subur, hijau, dan tampil cantik penuh sensasi.
Bagaimana merawat pisang dalam pot? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, siram sehari sekali atau secukupnya. Lihat cuaca, kalau mendung atau hujan, pohon pisang tak usah disiram. 
Kedua, bersihkan gulma yang tumbuh dalam pot dengan cara mencabutnya segera mungkin jika sudah mulai tumbuh. 
Ketiga, berikan ia tempat yang mendapat sinar matahari terutama matahari pagi. Keempat, pangkas daun-daun yang tua atau kering secara teratur agar tampak rapi dan indah. 
Kelima, berikan ia nutrisi yang bergizi agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk itu, pupuklah pohon pisang dalam pot dengan pupuk NPK 16:16:16 setiap 3 bulan sekali.
Itulah cara menanam pisang dalam pot. Kalau Anda rajin merawatnya, maka pohon pisang akan tumbuh subur, sehat, cantik, dan tentunya sedap dipandang mata karena keindahannya.

Related Posts