--> 11 Langkah Membuat Larutan Pengusir Nyamuk Alami dari Serai | IDEIDEKU

30 September 2018

11 Langkah Membuat Larutan Pengusir Nyamuk Alami dari Serai

| 30 September 2018

Membuat Larutan Pengusir Nyamuk Alami dari Serai -- Untuk mengusir nyamuk ternyata tidak harus dengan menggunakan racun kimia. Di samping membuat nyamuk semakin kebal, penggunaan racun pembunuh serangga yang suka menggigit itu dapat mengganggu kesehatan manusia dan juga merusak lingkungan. Untuk menghalau nyamuk dari rumah Anda, serai menjadi alternatif yang ampuh dan aman penggunaannya.

11 Langkah Membuat Larutan Pengusir Nyamuk Alami dari Serai


Mungkin serai biasanya sebagai bumbu dapur saja, tetapi ternyata sekaligus dapat mengusir nyamuk dari rumah Anda. Sebab, kandungan senyawa di dalam serai membuat nyamuk harus menjauh dan tidak berani mendekatinya.

Minyak Serai Pengusir Nyamuk
Menurut beberapa sumber disebutkan bahwa tanaman serai atau minyak serai dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Sebab, tanaman serai terkandung zat yang tidak disukai oleh serangga jenis nyamuk.

Oleh karena itu, ini merupakan sebuah ide yang menarik dan patut dicoba untuk diraciknya. Jika memang ini ampuh mengusir nyamuk, buat apa harus pakai yang sintesis dan berdampak buruk bagi kesehatan dan mengganggu makhluk hidup lainnya. 

Tanaman Serai 
Anda tentu kenal dengan serai yang banyak tumbuh atau ditanam oleh masyarakat di perkarangan rumah untuk bumbu dapur. Serai dapat ditandai dari daun yang hijau panjang dan meruncing bagian ujungnya serta berbentuk rumpun yang penuh dengan anakan/umbinya. 

11 Langkah Membuat Larutan Pengusir Nyamuk Alami dari Serai


Tanaman serai begitu mudah hidup. Masyarakat pun suka menanamnya. Apabila serai ditanam pada tempat yang mempunyai sinar matahari banyak, pertumbuhannya sangat cepat. Jadi, pada saat membutuhkan serai tidak lagi harus ke pasar, tinggal ambil saja yang di perkarangan rumah.

Membuat Larutan Pengusir Nyamuk
Bagaimana menyulap serai menjadi larutan pengusir nyamuk? Tidak perlu pusing-pusing memikirkan cara meracik pestisida alami dari serai. Tidak pula harus mengeluarkan cost karena bisa-bisa gratis. Gratis memang kalau kebetulan sekali ada tanaman serai yang tumbuh di rumah Anda.
Baik, tak perlu sin salabin dan abra kadabra terlalu panjang untuk menyulap serai menjadi larutan pengusir nyamuk. Ada 11 langkah dalam membuat larutan anti nyamuk natural. Langkah-langkah yang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Ini dia cara membuatnya, yaitu :

Alat-alat :
  • Blender
  • Saringan
  • Sprayer
  • Pisau

Bahan-bahan
  • Serai +/- 1 Kg atau sesuai dengan yang ingin dibuat. Wah,, kalau 1 kg dan dicabut serai yang di halaman rumah, habis dunk ðŸ˜…, Tapi tak apa-apa buat dicobain dulu. Boleh juga beli di pasar, harganya tidak mahal, kuk.
  • Air bersih secukupnya

Langkah membuatnya :
  1. Cuci serai hingga bebas dari kotoran seperti tanah yang menempel di batangnya.
  2. Potong-potong serai hingga berukuran kecil-kecil. Daunnya dibuang saja
  3. Blender udah siapkan? Masukkan serai ke dalam blender
  4. Tambahkan air ke dalam blender secukupnya
  5. Tutup blender dengan penutupnya
  6. Hubungkan cok/steker blender dengan listrik
  7. Hidupkan/ON-kan blender dan biarkan blender bekerja menggiling serai hingga halus
  8. Jika sudah halus, matikan/OFF-kan blender.
  9. Biarkan ekstrak serai dalam blender dan pendam selama 12 jam atau semalam
  10. Saring hasil blenderan serai dan ambil cairannya saja. Ampas dibuang boleh atau mau dijadikan bahan kompos boleh juga
  11. Cairan pengusir nyamuk sudah jadi


Cara Penggunaannya 
Kalau teknik penggunaannya mudah sekali, sama dengan penggunaan larutan anti nyamuk merek pabrikan. Anda tidak perlu mengencerkan lagi karena sudah konsentrasi standar alamiah itu. 
Cara menggunakan begini :


11 Langkah Membuat Larutan Pengusir Nyamuk Alami dari Serai


  • Ambil 1 buah sprayer atau botol semprot. Kalau belum ada, silakan pinjam dulu ðŸ˜… atau beli di toko
  • Tuangkan larutan serai yang sudah dibuat tadi ke dalam sprayer
  • Semprotkan pada tempat-tempat nyamuk bersembunyi atau sarang nyamuk yang terdapat di berbagai sudut/sisi rumah Anda
Baca ini :
Wah, mudah sekali menyulap serai menjadi “ob4t” anti nyamuk. Sebuah ide membuat pestisida natural untuk menjaga kesehatan, mengusir nyamuk, dansekaligus  menjaga pencemaran/gangguan lingkungan. Selamat bereksprimen.

Apakah ada Alternatif lain untuk mengusir nyamuk selain serai?
Tapi, jika Anda malas membuat larutan pengusir nyamuk dari serai, masih banyak alternatif lain untuk mengusir nyamuk dari rumah atau kamar Anda. Tapi, yang jelas bukan larutan pengusir nyamuk sintesis buatan pabrik.
Serangga bersayap dan selalu membawa “injector” di mulutnya, memang sangat mengganggu. Bahkan, jika sempat menusuk tubuh kita, bukan hanya sakit dan bengkak, tapi bisa-bisa menimbulkan penyakit demam berdarah. Di bawah ini ada bebeapa alternatif untuk menghalau nyamuk di sekitar kita.

Pasang tirai magnet anti nyamuk di pintu kamar
Kalau Anda memasang tirai magnet anti nyamuk di pintu kamar Anda sudah pasti nyamuk tidak bisa masuk ke kamar.
Tirai ini ada magnet yang dipasang pada masing-masing pinggirnya. Nah, ketika Anda masuk dan keluar, tirai magnet ini akan tertutup rapat otomatis. Jadi, tidak ada celah buat nyamuk untuk masuk ke kamar Anda.

Pasang kelambu di kamar tidur 
Orang-orang tempo dulu bisa tidur nyenyak tanpa gangguan nyamuk. Kenapa? Karena mereka tidak malas apalagi gengsi untuk memasang kelambu (mosquito net) di tempat tidur.  


Dengan adanya kelambu atau jaring anti nyamuk membuat nyamuk "stres" dengan sendirinya karena tidak bisa masuk untuk menggigit Anda. 



Pasang aplikasi anti nyamuk di Android
Dengan majunya tekhnologi, kini sudah muncul aplikasi untuk mengusir nyamuk. Aplikasi ini bisa dipasang pada hp android atau smartphone. Aplikasi ini akan mengeluarkan gelombang suara dengan frekwensi tertentu sehingga nyamuk akan menjauh. Seberapa efektif aplikasi ini, Anda bisa coba sendiri.

Makan daun pepaya, nyamuk tidak mau mendekati Anda
Jika Anda sering mengonsumsi daun kaktes atau daun pepaya yang pahit itu, nyamuk tidak mau dekat dengan Anda. Sebab, nyamuk tidak suka dengan darah yang “pahit.”
Daun pepaya yang pahit itu mengandung senyawa-senyawa yang ditakuti nyamuk. Jadi, zat kimia organik dalam daun pepaya itu membuat nyamuk sungguh tidak nyaman berada di dekat Anda apalagi menggigitnya.

Bersihkan lingkungan tinggal Anda
Nyamuk sangat senang untuk hidup dan berkembang biak pada lingkungan yang gelap, kotor, dan air tergenang. Karena itu, usahakan selalu bersihkan tempat tinggal Anda sehingga tidak ada tempat untuk nyamuk untuk berkembang.

Usir nyamuk dengan bawang putih dan minyak kayu putih
Masih ada cara lain untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda, yaitu dengan bawang putih dan minyak kayu putih. Nyamuk sangat tidak suka pada aroma kedua bahan tersebut.
Bawang putih dan minyak kayu putih mengandung zat-zat yang dapat mengusir serangga. Karenanya, tidak mengherankan kalau para petani membuat insektisida organik dari bawang putih dan menambahkan minyak kayu putih ke dalamnya.
Kalau Anda mau mengusir nyamuk, Anda bisa menggosok minyak kayu putih ke tubuh Anda atau Anda bisa juga menyemprotkan ke ruangan di rumah Anda. Atau Ada bisa mencampurkan ekstrak bawang putih dengan minyak kayu putih untuk menyemprotnya.
Namun, kalau Anda suka makan bawang putih lebih bagus lagi. Aroma yang keluar dari tubuhmu setelah makan bawang putih bisa mengusir nyamuk. Karena aroma zat dari bawang putih itu sangat tidak disenangi oleh nyamuk. 
Demikian cara membuat larutan pengusir nyamuk. Semoga bermanfaat.

Related Posts